Cara Diet Sehat tanpa Bahayakan Tubuh

Banyak orang yang menganggap bahwa cara diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Padahal diet yang tepat bukan hanya soal seberapa banyak porsi makan. Lantas, bagaimana tips diet sehat untuk bantu menurunkan berat badan?

  1. Menghitung kebutuhan kalori
    Sebelum merancang menu makanan, cara yang paling tepat memulai diet sehat yaitu mengenali kebutuhan kalori harian.
  2. Mengatur porsi makan
    Selain kebutuhan kalori, cara diet sehat lainnya yang perlu diperhatikan yaitu mengatur porsi makan.
    Idealnya, Sobat Bekam bisa membagi piring menjadi 4 bagian yang terdiri atas:
    lauk-pauk, makanan pokok atau karbohidrat, sayuran hijau dan berwarna warni, dan buah-buahan.
  3. Membuat jadwal makan yang teratur
    Banyak orang yang percaya, melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Nyatanya, hal ini tidak benar. Melewatkan sarapan atau waktu makan lainnya justru membuat tubuh merasa cepat lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres.
  4. Makan pelan-pelan
    Makan secara perlahan ternyata termasuk cara diet sehat yangs sering disepelekan. Padahal, metode ini dapat membuat kenyang lebih cepat.
  5. Olahraga teratur
    Tak hanya mengatur pola makan, cara diet sehat yang tak boleh dilewatkan adalah berolahraga secara teratur.
  6. Terapkan gaya hidup sehat
    Cara diet sehat di atas akan percuma saja bila tidak disertai dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.
infokesehatan #kesehatanindonesia #healthcare